WELCOME TO MY BLOG

(BABUL 'ILMI)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) FIQIH Kelas VII (Tujuh) MTs Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MTs. NURUL HUDA SUKARAJA KECAMATAN BUAY MADANG
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Mata Pelajaran                   :   Fiqih
Kelas/Semester                   :   VII (Tujuh) / Ganjil
Sub Tema                            :   Memupuk Kebersamaan Dalam Berjama’ah
Pertemuan Ke                    :   1 s.d. 2
Alokasi Waktu                    :   4 x 40 Menit (2 Pertemuan)


A.  Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tanpak mata.
4.   Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

B.  Kompetensi Dasar
1.3. Meyakini ketentuan shalat berjama’ah.
1.4. Menghayati makna adzan dan iqamah.
1.5. Menghayati makna adzan dan iqamah.
2.3. Menghayati nilai-nilai positif dalam shalat berjama’ah.
2.4. Menghayati makna adzan dan iqamah.
3.5. Memahami kententuan adzan dan iqamah.
3.6. Menganalisis ketentuan shalat berjama’ah.
4.2. Mempraktekkan adzan dan iqamah.
4.5. Mendemonstrasikan tata cara shalat berjama’ah.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu:
1.         Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah.
2.       Mengemukakan ketentuan shalat berjama’ah.
3.       Menyebutkan syarat-syarat menjadi imam.
4.       Menyebutkan syarat-syarat menjadi makmum.
5.       Menyebutkan manfaat shalat berjama’ah.
6.       Menjelaskan tata cara membuat saf.
7.       Menjelaskan pengertian makmum masbuk.
8.       Menjelaskan cara shalat makmum masbuk.
9.       Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa.
10.     Menjelaskan cara menggantikan imam yang batal
11.     Mempraktikkan lafadz/ bacaan adzan dan iqamah.
12.     Mempraktikan tata cara shalat berjama’ah.

D.  Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan metode komperatif tentang ketentuan shalat lima waktu dan sujud sahwi, peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah.
2.      Mengemukakan ketentuan shalat berjama’ah.
3.      Menyebutkan syarat-syarat menjadi imam.
4.      Menyebutkan syarat-syarat menjadi makmum.
5.      Menyebutkan manfaat shalat berjama’ah.
6.      Menjelaskan tata cara membuat shaf.
7.      Menjelaskan pengertian makmum masbuk.
8.      Menjelaskan cara shalat makmum masbuk.
9.      Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa.
10.     Menjelaskan cara menggantikan imam yang batal.
11.     Mempraktikan lafadz/bacaan adzan dan iqamah.
12.     Mempraktikan tata cara shalat berjama’ah.

E.  Model, Dan Metode Pembelajaran
Model         : Cooperative Learning.
Metode       : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab dan Demonstrasi.

F.   Deskripsi Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.      Ketentuan Adzan dan Iqamah.
a. Pengertian adzan dan iqamah.
b. Keutamaan adzan dan iqamah.
c. Hukum adzan, iqamah, dan hal yang berhubungan dengannya.
d. Syarat adzan dan iqamah.
e. Sunnah adzan.
2.  Ketentuan Shalat Jama’ah.
a. Pengertian shalat jama’ah.
b. Hukum dan dalil shalat jama’ah.
c. Syarat Imam dan makmum.
Pertemuan ke-2
Praktek adzan, iqamah, dan shalat berjama’ah.

G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Pendahuluan (10 menit)
1.     Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.    Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk di sesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.     Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan yang ringan seperti cerita motivasi, senam otak, atau bersholawat.
4.  Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ketentuan adzan, iqamah, dan shalat berjama’ah.
5.    Guru menfasilitasi terjadinya proses pembelajaran dengan cara membimbing peserta didik untuk dapat melakukan diskusi kelompok.
6.    Peserta didik menyimak tanyangan adzan, iqamah, dan kegiatan shalat berjama’ah yang di sajikan guru.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
1.     Peserta didik mengamati tanyangan adzan, iqamah, dan kegiatan shalat berjama’ah.
2.    Setelah mengamati tanyangan, peserta didik memberikan tanggapan dan menuliskannya dalam lebar tugas siswa.
No
                          Tanggapan Terhadap Tayangan
1.

2.

3.


Menanya
1.    Setelah mendengarkan tanggapan dari temannya, peserta didik menuliskan beberapa pertanyaan dalam lembar tugas siswa.
No
                                               Pertanyaan
1.

2.

3.


2.      Guru memfasilitasi terjadinya tanya jawab.
3.      Guru melempar pertanyaan peserta didik kepada peserta didik lainya.
4.      Siswa menyimpulkan jawaban dari beberapa siswa di bimbing oleh guru.

Mengumpulkan informasi
1.      Guru memberikan penjelasan tambahan tentang materi.
2.      Peserta didik mencari informasi terkait dengan materi di buku pegangan siswa.

Mengolah informasi
1.      Peserta didik di bagi menjadi 4-5 siswa per kelompok, mendiskusikan hal-hal berikut dengan saling menghargai pendapat teman.
No
Masalah
Hasil Diskusi
1.
Haruskah adzan di lantunkan dengan suara merdu. Bagaimana pendapatmu?.

2.
Bagaimana jika saat shalat jama’ah, kamu melihat najis melekat pada pakaian imam. Apa yang kamu lakukan?

3.
Mengapa perlu tukmaninah dan tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan shalat  ?

2.      Peserta didik melakukan diskusi kelompok dengan bimbingan guru.

Mengkomunikasikan
1.  Guru memberikan kesempatan pada setiap/masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan atau pertanyaan.
2.    Melakukan resume secara lengkap di bantu oleh guru.

Penutup (10 menit)
1.  Guru menyampaikan gambaran teknis tentang tata cara shalat berjama’ah.
2.  Guru meminta peserta didik mempraktekkan shalat berjama’ah.
3.  Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap materi yang di pelajari.
4.  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.  Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

Pertemuan ke-2
Pendahuluan (10 menit)
1.      Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.  Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ketentuan adzan, iqamah, dan shalat berjama’ah.
3.    Guru menfasilitasi terjadinya proses pembelajaran dengan cara membimbing peserta didik untuk dapat mempraktekkan adzan, iqamah, dan shalat berjama’ah.
4.      Peserta didik menyimak tayangan tata cara shalat berjama’ah.

Kegiatan inti (60 menit)
Mengumpulkan informasi
1. Setelah memperhatikan uraian tentang ketentuan adzan, iqamah, dan shalat berjama’ah peserta didik mempraktekkan apa yang di lihatnya.
2. Teknisnya siswa di bagi dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok di berikan tugas untuk mempraktekkannya.

Mengkomunikasikan
1.      Tahap praktek adzan, iqamah, dan shalat berjama’ah.
-    Satu kelompok bersiap-siap melaksanakan shalat berjama’ah, di mulai dengan adzan dan iqamah.
-     Shalat berjama’ah terdiri dari dua laki-laki, dua perempuan, dan salah satu di antara mereka menjadi imam.
-    Setelah empat orang berjama’ah berjalan satu rekaat, datang lagi empat orang, maka praktek mengatur posisi shafnya.
-    Setelah itu, sewaktu jama’ah dalam posisi ruku’ datang seorang lagi. Dan sewaktu bagkit dari ruku’ datang seorang lagi, maka praktek penyempurnaan bagi makmum masbuk.
-   Ketika berjama’ah berlangsung imam melakukan kesalahan dalam bacaan dan hitungan rakaat. Maka praktek cara mengingatkannya.
-    Ketika jama’ah berlangsung, imam tiba-tiba batal shalatnya, maka praktek menggantikan imam.
2.      Guru memberikan bimbingan selama kegiatan praktek berlangsung.
3.      Guru memberikan pengamatan sekaligus memberikan penilaian selama kegiatan berlangsung.

Penutup  (10 menit)
1.      Guru menyampaikan gambaran teknis tentang tata cara shalat berjama’ah.
2.      Penilaian di lakukan selama aktivitas pembelajaran dan pada akhir pembelajaran.
3.      Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap materi yang telah di pelajari.
4.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya .
5.      Di harapkan orang tua dapat mendampingi putra-putrinya dalam mengerjakan tugas.
6.      Sebelum berdoa, guru mengingatkan kepada peserta didik untuk benar-benar menjaga ibadah dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari ketentuan adzan, iqamah, dan shalat berjama’ah dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

H.  Penilaian Hasil Pembelajaran
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian di lakukan selama kegiatan pembelajaran yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
No
             Aspek Yang Di Nilai
Teknik Penilaian
    Waktu Penilaian
1.
a.

b.
c.

d.
e.
f.

g.
Sikap
Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang di lakukan.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Peduli dalam kegiatan pembelajaran.
Disiplin selama proses pembelajaran.
Jujur dalam menjawab permasalahan yang di berikan.
Tanggung jawab dalam penyelesaian tugas.

Observasi

Selama pembelajaran dan saat diskusi




2.
Pengetahuan
Menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru

Penugasan

Kelompok/individu
3.
Keterampilan
Praktek adzan, iqamah, dan shalat berjama’ah.

Portofolio
Penyelesaian kelompok
                                                
b.    Instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
4. Program remidial
-       Peserta didik yang belum menguasai materi akan di berikan perlakuan khusus berupa (di gunakan salah satu tergantung kondisi siswa) :
1.    Pemberian pembelajaran ulang.
2.    Pemanfaatan tutor sebaya.
3.    Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus.
4.    Tes tertulis.
-       Remedial di laksanakan pada jam efektif belajar atau di luar jam efektif belajar, telah di tentukan dalam program remedial secara terpisah.

5.    Interaksi guru dengan orang tua
1.    Guru memberikan tugas kepada siswa.
2.  Di harapkan orang tua dapat mendampingi putra-putrinya dalam mengerjakan tugas dan mendatangani tugas tersebut.

I.     Media Dan Sumber Pembelajaran
Media                          : LCD, Laptop, dan Lingkungan Kelas.
Sumber Belajar            : Buku siswa fiqih kelas VII MTs, Kemenag RI 2014.
Buku fiqih pedoman guru kelas VII MTs, Kemenag RI 2014.
Al-Qur’an dan Terjemahannya.










Mengetahui,
Kepala Mts Nurul Huda


.....SURYANTO, M. Pd. I.....
NIP. ......................................
......., 12 November 2015
Guru Mata Pelajaran Fiqih



...........ASNGARI, S. Pd. I.......
NIP. ........................................

1 Response to "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) FIQIH Kelas VII (Tujuh) MTs Kurikulum 2013"