WELCOME TO MY BLOG

(BABUL 'ILMI)

PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS DI INDONESIA, DEDEN MAKBULOH_ASNGARI



RESENSI BUKU PENDIDIKAN DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS DI INDONESIA 

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kapita Selekta Pendidikan Islam

Dosen: Dr. Deden Makbuloh, M. Ag.

Disusun Oleh:

                    NAMA                                               NPM

                    Asngari                                               1311010275


                    Jurusan                        :  Pendidikan Agama Islam

 Semester                      :  VI (Enam)

                    Kelas                            :  F



FAKULTAS TARBIYAH & KEGURUAN

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI

RADEN INTAN LAMPUNG

1437 H / 2016 M





'PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU '








A. Identitas Buku
Judul Buku     : Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan Mutu
Penulis           : Dr. Deden Makbuloh, M. Ag. 
Penerbit          : PT Raja Grafindo Persada
Cetakan          : Ke-1, Januari 2016
Judul buku      : Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan Mutu   
     
B. Biodata Pengarang
     Dr. Deden Makbuloh, M. Ag. Lahir di Ciamis, 03 Mei 1973. Gelar Sarjana (S-1) jurusan PAI di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, lulus cumlaude tahun 1998. Gelar Magister (S-2) bidang Pendidikan Islam di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, lulus tahun 2001. Gelar Doktor (S-3) bidang Pendidikan Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus tahun 2010. Pengalaman Short Course di Melbourne University, Australia tahun 2009. Pengalaman Post Doctoral (POSFI) di Goethe University of Frankfurt, Germany tahun 2015.

Profesi saat ini sebagai Dosen IAIN Raden Intan Lampung dalam Jabatan Fungsional Lektor Kepala, Golongan IV/c. Penulis mengajar di S-1, S-2, S-3 pada mata kuliah bidang Pendidikan Islam. Penulis juga bekerja sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Jakarta sejak tahun 2011 hingga sekarang.

Jabatan yang pernah dialami antara lain: Kepala Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan IAIN Lampung tahun 2007-2012; Ketua Program Studi PAI S-2 Pascasarjana IAIN Lampung tahun 2012-2015; Ketua Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Lampung Periode 2015-2019.

C. Deskripsi Buku
       Buku yang berjudul ''Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan Mutu Menuju Pendidikan Berkualitas di Indonesia'' karangan Dr. Deden Makbuloh, M. Ag. ini di susun dalam lima bab, yaitu pendahuluan sebagai bab pertama. Bab kedua membahas landasan teori tentang teori-teori dalam manajemen mutu pendidikan. Bab ketiga membahas tentang sistem pendidikan Islami. Bab ketiga ini sangat penting, karena menggunakan istilah pendidikan Islami, sementara yang umum menyebutnya pendidikan Islam. Perbedaan istilah ini di bahas pada bab ketiga. Bab keempat membahas tentang pentingnya implementasi manajemen mutu dalam bidang pendidikan Islami. Dan kelima merupakan bab penutup yang berisi kesimpulan dan rekomendasi.
    Buku ini menerangkan bahwa pendidikan islami dapat di wujudkan kualitasnya melalui sistem penjaminan mutu yang di laksanakan secara menyeluruh dan konsisten. Pada level pertama yang menjadi fokus jaminan mutu pada tiga komponen yaitu SDM guru, peserta didik, dan kepemimpinan. Pada level kedua fokus pada tiga komponen yaitu isi kurikulum, proses pembelajaran, dan sarana prasarana. Pada level ketiga fokus pada dua komponen yaitu pembiayaan dan penilaian. Dengan demikian, mutu pendidikan islam yang menjadi harapan bangsa dan negara Indonesia dapat terwujud.
        Masa depan pendidikan islami harus berorientasi pada mutu: quality first (mutu di atas segala-galanya). Semua komponen-komponen pendidikan islami harus memiliki setandar dan semua pihak berpartisipasi serta berkontribusi pada capaian standar yang di tetapkan. Setandar pendidikan islami mencangkup standar untuk eksis di dunia persaingan internasional dan standar untuk bekal hidup di akhirat kelak. Inilah pendidikan sejati, yang mampu mempersiapkan manusia sukses dunia dan di akhirat. Melalui implementasi sistem penjaminan mutu maka pendidikan di Indonesia menuju bangsa bermartabat dan akan terwujud. Alasannya, karena dapat di lakukan perbaikan mutu secara berkelanjutan, dapat akuntabilitas, dan dapat pengakuan.
     Karena perbaikan mutu sebenarnya yang paling bertanggung jawab adalah pihak internal lembaga pendidikan, maka pihak internal harus menguasai teori-teori penjaminan mutu. Setelah di kuasai teori tersebut dilaksanakan secara berkala dalam program kerja internal lembaga pendidikan Islam bersangkutan. Dampak dari hasil-hasil ini secara cepat ataupun lambat, akan menjamin terwujudnya kualitas pendidikan. Dengan demikian, maka lembaga pendidikan Islam akan tumbuh dan berkembang pesat dalam meraih era kompetitif dan era komparatif.
      Lembaga pendidikan Islam masa depan perlu memiliki sistem yang kuat untuk  menjamin mutu yang dapat di pertanggung jawabkan kepada stakeholders. Dengan demikian, perlu ada keseimbangan sistem penjaminan mutu antara internal dan eksternal yang secara bertahap akan mencapai mutu secara komprehensif yang memiliki relevansi dengan perkembangan kebutuhan stakeholders.
       Mutu hanya dapat di raih oleh mereka yang memiliki komitmen yang di contohkan oleh pemimpin puncak/top leader. Sebab, komitmen itu bergeraknya dari atas ke bawah. Jika top leader tidak ada komitmen, maka kebawahnya akan mengalir pesimis. Sikap pesimis ini yang akan menghancurkan bangunan program yang di rencanakan. Oleh sebab itu, top leader harus memberikan nilai-nilai optimis melalui komitmen yang di tampilkan dalam setiap keputusan. 
     Ini lah sekilas mengenai deskripsi buku yang berjudul ''Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan Mutu Menuju Pendidikan Berkualitas di Indonesia'' karangan Dr. Deden Makbuloh, M. Ag. Jika para pembaca berminat ingin memiliki/ membeli buku ini bisa menghubungi toko buku terdekat atau memesan langsung dengan penulis buku.

D. Kelebihan Buku
Adapun kelebihan dari buku ''Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan mutu Menuju Pendidikan Berkualitas di Indonesia''  karangan Dr. Deden Makbuloh, M. Ag. adalah sebagai berikut:
  • Cover/sampul yang di gunakan dalam buku ini sangat menarik sehingga meberikan kesan pertama yang baik kepada pembaca.
  • Buku ini dapat memperluas wawasan kita mengenai gagasan pemikiran dalam bidang pendidikan islami serta dapat di hubungkan dengan sistem penjaminan mutu di Indonesia.
  • Buku ini juga dilengkapi teori-teori dari para ahli sehingga menambah keyakinan para pembaca untuk melaksanakan petunjuk yang ada dalam buku ini. 
  • Refrensi yang di gunakan dalam buku ini sangatlah banyak sehingga tidak di ragukan lagi keotentikannya.
  • Buku ini menyertakan dalil-dalil yang bersumber dari al-Qur'an dan al Hadits terkait dengan permasalahan yang di bahas dalam buku ini.
  • Buku ini di susun  dengan menggunakan bahasa dan sistematika yang tepat sehingga mudah untuk di pahami.
  • Buku ini sangat cocok di jadikan refrensi pendidikan yang dapat di gunakan dalam penelitian, perkuliahan dosen, mahasiswa, dan kebijakan pendidikan islami 

E. Kekurangan Buku  
         Segala sesuatu pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan buku ''Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan mutu Menuju Pendidikan Berkualitas di Indonesia''  karangan Dr. Deden Makbuloh, M. Ag. Adapaun kekurangannya antara lain: 
    • Di dalam buku ini terdapat berbagai ayat al-Qur'an maupun al-Hadits yang bertulisan terjemahannya saja. Hal ini memberikan kesan kurang baik kepada pembaca. Untuk itu, alangkah baiknya penulis buku menyertakan lafadz arabnya sehingga pembaca merasa yakin tentang kebenaran ayat tersebut.
    • Di dalam buku ini menjelaskan tentang bagaimana pendidikan islam dan sistem penjaminan mutu yang baik dan berkualitas. Namun isi buku ini tidak memberikan contoh/ background sekolah-sekolah yang sudah memumpuni akan hal itu. Dengan demikian, pembaca tidak bisa menggambarkan sekolah/ lembaga pendidikan lainya yang memang bisa di jadikan acuan/ standar dalam menentukan kualitas mutu pendidikan. Dengan adanya hal ini, di harapkan penulis bisa memeberikan contoh lembaga pendidikan di Indonesia/ Luar negeri yang memang sudah menjadi primadona dalam penentuan mutu pendidikan.



    Syukron 'ala husni ihtimaamikum, Jazakallah khairan Katsiran. Akhiru kalam.....


    ''Wasalamu'alaikum warah matullahi wabarakatuh''




                                                             Bandar Lampung, 7 Juni 2016
                                                                          Penulis Resensi


                                                                              ASNGARI
                                                                         Npm: 1311010275  

    1 Response to "PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS DI INDONESIA, DEDEN MAKBULOH_ASNGARI"

    1. resensinya apa sudah tepat itu bung?
      harga bukunya brapa ? sampai brapa hlman itu?

      ReplyDelete